Mengambil suatu deret data dari banyaknya baris tabel yang banyak membutuhkan ketelitian yang cukup bila dgn cara manual dan bisa jadi salah karena ukuran hurufnya kecil-kecil, untuk itu perlu dibuat cara dengan SpreadSheet agar dapat mengekstrak data yang diperlukan berdasarkan satu kriteria pilihan saja. Secara automatis data lain yang kita butuhkan berdasarkan kriteria pilihan kita akan diambil. Pada OpenOffice.org CALC sudah terdapat beberapa built-in function tanpa perlu menggunakan pemrograman Macro maupun Basic, yang perlu digunakan hanya :
Terkadang ada keperluan juga untuk mengekstrak data yg mempunyai beberapa hasil untuk kemudian dilakukan operasi lanjut penjumlahan, nilai rata-rata atau operasi lainnya. Tujuan tersebut dapat dicapai dengan menggunakan fungsi Data Filtering yang sudah tersedia, sedangkan untuk operasi lanjut seperti biasa.
- Fungsi LookUp untuk mengambil deret hasil, syntax : LOOKUP(Search criterion;Search vector;result_vector)
- Data Validity untuk membuat list box sebagai pilihan, dapat memasukkan input dgn cara diketik langsung (bermanfaat jika list tabel data yang ada sangat banyak) Kelebihan lain dari fungsi ini dapat menampilkan pesan kesalahan jika data yang dimasukkan/diketik tidak ada.
- Style dan Conditional Formating untuk menampilkan dgn blok data yang sedang dipilih.
.
.
Terkadang ada keperluan juga untuk mengekstrak data yg mempunyai beberapa hasil untuk kemudian dilakukan operasi lanjut penjumlahan, nilai rata-rata atau operasi lainnya. Tujuan tersebut dapat dicapai dengan menggunakan fungsi Data Filtering yang sudah tersedia, sedangkan untuk operasi lanjut seperti biasa.
.
.