Kamis, 18 April 2024

mutu beton dan baja tulangan peraturan lama

 .


.

walaupun peraturan beton PBI-71 (N.I-2) sudah cukup atau sangat lama namun terlihat masih ada dan digunakan untuk praktis dilapangan atau tujuan lain yaitu review bangunan yg lama terbangun.  Penggunaan mutu beton dan baja tulangan tersebut yg mengacu peraturan lama menjadikan kebutuhan untuk konversi terhadap peraturan perencanaan yg baru, berikut dilampirkan dalam tabel dengan nilai hasil konversi merupakan pembulatan.

.

Mutu Baja Tulangan, mutu baja lunak (U-24) biasanya digunakan untuk tulangan sengkang berbentuk polos (plain bars) sedangkan mutu baja keras (U-39) untuk tulangan pokok yg biasanya jenis ulir (deformed bars). Mutu tertinggi (U-48) yaitu pada welded wiremesh berbentuk ulir juga, mungkin mutu yg beredar agak sedikit berbeda biasa digunakan Fy-240, Fy-400 dan Fy-500.   

.

.

.
Perbandingan kekuatan beton pada berbagai benda uji, faktor yg digunakan untuk konversi dari mutu K menjadi f'c terhadap benda uji kubus yg biasanya berdimensi 15cm 
.

,
Perbandingan kekuatan beton pada berbagai umur
.

,
Kelas dan mutu beton, mutu yg sedang (K250/K300) biasanya digunakan untuk balok dan lantai sedangkan mutu diatasnya (K350/K400) untuk kolom dan dinding geser.
.

.

.


.
Sifat mekanis baja struktural yg diambil dari SNI 03 – 1729 – 2002, yg beredar dipasarn untuk struktur gedung adalah BJ37 (Fy240)
.


.

0 komentar:

Posting Komentar