Minggu, 04 Februari 2018

distribusi beban terkonsentrasi ke elemen solid

pasa postingan sebelumnya, sya sudah mencoba menggunakan rigid constraint pada profil WF terhadap beban titik terkonsentrasi (tarik, geser & momen) namun hasil yg didapat menunjukan permukaan penampang tidak berubah bentuk karena pengaruh angka poison dan warping diabaikan. CalculiX versi saat ini (2.13) mempunyai fetures *COUPLING jenis *KINEMATIC dan *DISTRIBUTING dan berikut sya mencoba menerapkan untuk masalah sederhana,



.

case (1) akibat beban tekan,



.


.


.


.


.


.


case (2) akibat beban tarik,


.

.

.

.

.

.


case (3) akibat beban geser satu arah,


.


.


.


.


.


.


case (4) akibat beban geser dua arah,


.


.

.


.


.



.


case (4) akibat beban puntir atau torsi,



.


.


.


.


ada yg belum berhasil saat menerapkan beban lentur Mx, My dan kombinasinya (Mx+My), solver menunjukan Job Finish namun semua hasilnya null dan menampilkan beberapa peringatan bahwa penentuan distrubed coupling diabaikan.


.


.

ada issue dari pengguna lain bahwa distribusi coupling tidak berjalan baik di versi terbari (2.13) sya mencoba downgrade ke versi sebelumnya (2.12),



.

.


.


.


.


.


.

.

.

.


.


.


.


.


.


berikut estimasi perhitungan tangan secara kasar tinjauan gaya tarik/tekan dan geser sebagai pembanding,


.

mencoba cara lain dengan penggunaan elemen DCOUP3D, program hanya berjalan jika beban yg bekerja adalah translasion dan tarnsversal, tidak dapat digunakan untuk beban rotational. hasil yg didapat sama dengan penggunaan cara coupling sebelumnya.



.


.

perbandingan dengn cara penggunaan RBE, hanya deformasi dan tegangan von Mises yg ditampilkan untuk mempersingkat.



.



.


.


.


.


.



.

tahap selanjutnya sya akan mencoba menggunakan feature tsb untuk menghubungkan dengan element balok sehingga dapat mereduksi banyak node/element dan tentunya waktu modeling/solver pada model struktur keseluruhan. dokumentasi dari ABAQUS adapt digunakan sebagai rujukan namun pembuat software CalculiX mengingatkan bahwa mungkin tidak sama persis, berikut rujukannya dari presentasi HKS/Abaqus Inc (2005).


.


.


* updates

solver CalculiX berhasil running dan menampilkan hasil namun sya belum review cepat hanya sekilas saja yg terlihat adalah tampilan kontur tegangan yg tidak sesuai serta deformasi balok yg terlalu besar diluar perkiraan, perlu dicari penyebabnya (?).


.


.


.


.

melihat pesan peringatan dari program ini mirip dengan masalah sebelumnya tanpa elemen balok, diabaikannya momen lentur yg diftansfer ke permukaan bidang elemen solid. atau apakah ini hanya bugs pada program interfaces, sya coba dengan interfaces bawaannya dan menunjukkan hasil yg sama yaitu terbalik, mungkin juga disebabkan penentuan bidang orientasi (?) padahal dalam manual menyebutkan hal tsb adalah hanya opsional dan ini ditunjukkan dengan berhasilnya running pada kasus tanpa adanya elemen balok.



.

Note: interface and solver MW/CCX

0 komentar:

Posting Komentar