Jumat, 25 April 2008

OOo CALC - interpolasi data x-y tidak beraturan

Terkadang kita menemukan interpolasi dari suatu data nilai X dan Y yang tidak beraturan sehingga metode penyelesaian sebelumnya sudah tidak dapat digunakan, saya mencoba mencari suatu penyelesaian spreadsheet OpenOffice.org CALC dengan menghindari penggunaan pemrograman BASIC. ditemukan langkah yang mudah untuk itu, adapun langkah dan fungsi yang digunakan cukup dengan :
  • mencari posisi sel yang terdekat dari data X (known) yang dicari dengan fungsi MATCH
  • mencari nilai hasil Xi dari datai Xi tersebut dengan fungsi LOOKUP
  • mencari nilai data Xi+1 satu baris berikutnya dengan fungsi gabungan "&" kemudian fungsi INDIRECT dan menemukan nilai Yi+1 dengan fungsi LOOKUP
  • melakukan interpolasi linear untuk Y (unknow) dgn batasan Xi...Xi+1 dan Yi...Yi+1
Selesai, dengan cara tersebut maka data X dan Y dari yang ditentukan dapat tidak beraturan, terutama nilai X dapat bukan dari suatu kelipatan.

 

diatas garfik hasil dari cara tersebut, it's working properly :)

*edited/update 2024
karena tulisan sudah lama dan agak lupa, maka sya mencobanya ulang dengan menyertakan rumusan untuk kejelasan penyampaian.

.



.

4 komentar:

  1. kalo mau interpolasi data triwulanan menjadi data bulanan kayakmana yah? aku mau buat data bulanan Produk Domestik Bruto yang hanya tersedia dalam bentuk triwulanan. teus terang aku masih belajar tentang ekonometrika dan statistik, katanya sih bisa pake excell ataupun program statistik lainnya. aku tunggu jawabannya. thanks before.

    BalasHapus
  2. buat semua, ada yg bisa bantu tidak. saya butuh software interpolasi data secara auto. maksudnya, kita masukan satu angka, maka akan terlihat angka2 yang lain. tanpa harus memasukkan angka lainnya lagi. terima kasih atas informasi yang diberikan

    BalasHapus
  3. oh ya ada tambahan, mungkin tidak klo kita menggunakan ms excel. klo bisa, bagaimana caranya. terima kasih

    BalasHapus
  4. OpenOffice sama MS Excel ga beda jauh, propietary seharusnya lebih bisa. Kalo yang auto saya pernah pake kita plot XY koordinatnya lalu keluar pendekatan persamaan matematikanya, softwarenya sdh dilupain 'coz menurut sya pake ini cukup. kalo yang auto kadang benyakan melesetnya karena pendekatan pake nonlinear.

    BalasHapus