Jumat, 03 April 2009

Sipil/Struktural "... same old stories"

Mechanics,Static,Vibration,Stress,Axial,Shear,Bending,Torque,Steel,Concrete,Design,Load,Strength,Deflection,Safe,Economic adalah kosakata dalam dunia tehnik perencanaan, merupakan permasalahan klasik atau ekstrimnya kuno/usang. Hal2 tersebut sudah lebih dulu dipikirkan oleh ahli2 terdahulu, yang membedakan hanya waktu dan tempat. Sedangkan jika berpandangan terhadap hasil yang telah dicapai, ahli2 sekarang berpikiran lebih baik. "we must learn from the past, we could be betters" kira2 begitu. Surfing nyampe digital library universitas luar, boleh pinjem tanpa pake kartu keanggotaan dan tidak diperkenankan mengembalikan pinjaman :) 'coz ngga ada tempat buat balikin, lagian bukunya diambil juga ngga berkurang, namanya juga digital.

lib_logos

Koleksi saya buku2 format elektronik, buku2 tsb didapat dari www.archive.org scan hasil kerja intitusi tempatnya. Banyak sekali buku2 lama (18xx~191x) tentang civil,structures,bridges, desain baja, beton dll. Buku mekanika tehnik sih masih familiar cuman agak terasa beda pas baca2 tentang desain beton,masih pake WSD. Tapi gambar photo2 pelaksanaannya menarik masih sederhana, trus lingkungan keliling di kota2 Amrik jadi keliatan gimana Tempoe Doeloe nya.

2009-04-03_163114

Diberitahukan dari ketentuannya bahwa dapat digunakan untuk non-comercial, personal dan research.

2009-04-03_175602

Namun perlu diingat karena file hasil dari scan buku maka ukuran bytes nya gede2, ada yang seratus. Gunakanlah download manager biar bisa resume saat koneksi terputus, selamat coba2. Buku2 tersebut ngga up to date atau state of the art namun sya enjoy aja baca2 :) wish u ...

Rabu, 01 April 2009

Jembatan Rangka, antara analisa dan aktual

Tulisan  ini disadur dari hasil analisa dan penelitian oleh Hickey, L. J.,2008. Jembatan yang diteliti adalah Hillsville truss bridge (VA) dibangun pada tahun 1941 mempunyai bentang total 846 ft (~260 m) dan bentang terbesar 300 ft (~90 m). Ditujukan olehnya untuk meninjau ulang asumsi-asumsi analisa struktur terhadap jenis jembatan yang telah runtuh akibat beban truk standar, jembatan tersebut adalah I-35W bridge, Minneapolis (Sungai Mississippi) pada bulan Agustus 2007  tahun lalu, dibangun pada tahun 1964-1967 mempunyai bentang total 1907 ft (~580 m) dan bentang terbesar 450 ft (~140 m) akibar gusset plate yang tidak memenuhi syarat fracture membuat gagal dan terjadi overall buckling of structures.

fig01

Jembatan rangka baja seperti diatas merupakan struktur yang dikategorikan rangka batang ruang (space truss). Dalam penerapan dilapangan tidak mudah untuk menentukan kondisi sendi atau roll. Kondisi sendi jika DOF's translasi horisontal dan vertikal dikekang, sedangkan pada kondisi roll DOF's translasi horisontal bebas, lepas/tidak dikekang.

fig12x

Diatas gambar aplikasi rolled support yang diterapkan pada I-35W bridge, Minneapolis (Sungai Mississippi).

fig02

Tampak atas dan penampang jembatan



fig03

Analisa pertama yang dilakukan diasumsikan dua dimensi (plane truss) dengan berbagai macam kondisi tumpuan. Jenis element yang digunakan adalah truss dengan 2 translasi DOF tiap titik ujung join. Kekakuan elemen hanya aksial (AE/L),rotasi ujung member tidak ada (realese). Beban dari floor deck diterapkan menjadi beban titik pada buhul join rangka batang. Hasil pebandingan menunjukan perbedaan yang signifikan, overestimated terlalu besar dan dikategorikan tidak memenuhi.

Analisa kedua yang dilakukan diasumsikan dua dimensi (plane frame) dengan berbagai macam kondisi tumpuan. Jenis element yang digunakan adalah frame dengan 2 translasi dan 1 rotasi DOF's tiap titik ujung join. Kekakuan aksial (AE/L) dan lentur (EI/L), rotasi ujung member tidak  ada (realese).  Beban dari floor deck diterapkan menjadi beban titik pada buhul join rangka batang.

fig04

Analisa ketiga yang dilakukan diasumsikan dua dimensi (plane frame) dengan berbagai macam kondisi tumpuan. Sama dengan model analisa kedua, namun pada model ini dimasukkan pengaruh balok stringer begitu pula eksentrisitas yang dimodelkan dengan rigid links.

fig08

Balok stringer tersebut mempunyai kekakuan aksial dan lentur, namun tahanan rotasi ujung tidak ada.

fig09x

Penentuan letak alat pengukuran strain gauges ditempatkan pada batang daerah tumpuan pier dan abutment. Berikut grafik perbandingan beberapa pemodelan tersebut diatas.

  • Catatan: 1 Kips = 453,59 Kgf


fig05

fig10


Grafik hasil perbandingan Pemodelan Pertama (Truss)



fig06

Grafik hasil perbandingan Pemodelan Kedua (Frames)


Analisa pemodelan pertama dan kedua tidak berbeda signifikan karena jenis rangka batang dengan beban bekerja pada titik buhul join, rotasi ujung member juga di realese.



fig07

fig11


Grafik hasil perbandingan Pemodelan Kedua (Frames+Stringer)



Perbedan hasil terlihat saat beban truk bekerja pada titik daerah pier jembatan. Ada hasil yang mennjukan bahwa batang mengalami gaya tarik padahal aktualnya menerima gaya tekan, ini perlu perhatian karena pengaruh tekuk.

Pemodelan tumpuan yang cukup medekati adalah rol-sendi, mungkin ini dikarenakan kekakuan pergerakan translasi horisontal dari pier aktual mempunyai nilai yang besar. Sedangkan untuk pemodelan element dan analisa struktur yang paling mendekati adalah element frames+stringer, interaksi antara batang atas dengan balok stringer sangat mempengaruhi. Walaupun pemodelan analisa struktur yang digunakan hanya 2D namun hasilnya cukup reliable tanpa harus 3D karena jenis struktur adalah rangka truss simetri dan juga kekakuan puntir batang tegak lurusnya yaitu batang pengaku/diapragma dan bracing mempunyai nilai yang kecil, tidak memberikan kontribusi besar pada perilaku struktur keseluruhan. Namun pemodelan 3D lebih direkomendasikan untuk mengantisipasi keadaan lain.

Minggu, 22 Maret 2009

Mudahnya Menulis Blog dengan Post2Blog

Mudahnya Menulis Blog dengan Post2Blog

2009-03-25_134706

Panduan singkat ini ditujukan untuk pengguna awam yang baru mulai nge-blog. Kelebihan dari Post2Blog adalah dapat digunakan secara offline, baru setelah sebuah posting selesai dibuat pengguna dapat online untuk proses upload.


Anda dapat membuat akun sendiri di WordPress.


Meyisipkan file PDF berikut : post2blog_tutorial.pdf

Agak disayangkan, entah kenapa pada saat posting langsung dengan Post2Blog penulis gagal menyisipkan file pdf tersebut jadi dilakukan dgn cara langsung di Wordpress.com

Minggu, 15 Maret 2009

dapet Puzzle TLA

Semalem install sebuah software struktur (demo) ada fasilitas Tributary Loaded Areas (TLA) yg auto secara 2ways dan 1way, yang menariknya tarikan garis dari batasan beban yang diterima suatu sisi balok dapat ditampilkan. Coba cari tahu berdasarkan konsep yang saya biasa dapet di text book bahwa penyebaran beban merupakan tarikan garis 45o untuk balok ortho yang mempunyai kekakuan sama dan sudut ~60o untuk balok yang salah satu mempunyai kekakuan lebih kecil. Permasalahan lain, kebanyakan panel beban berbentuk persegi dan balok nya orthogonal jadi ngga terlalu concern pada balok yang spesifik tidak orthogonal.


2009-03-16_115805


Saat dicoba pada balok yang khusus yaitu pada keadaan tidak biasa, ternyata terlihat tidak stabil konsep tersebut jika diterapkan. Berikut perbandingan hasil konsep tersebut pada 7 jenis keadaan, diantaranya adalah penyebaran bentuk triangular & trapezoidal beraturan dan tidak beraturan serta salah satu sisi tanpa balok. Analisa dilakukan dgn SAP2000 dgn data: material beton default, tebal pelat 12 cm, dimensi balok 20x50 cm, tumpuan sederhana, beban merata 5kN/m2. Model pertama dgn cara auto fasilitas yang tersedia yaitu Tributary Loaded Areas for membrane slabs behaviour, sedangkan model kedua dengan FE element shell dan frame dengan eksentrisitas.


2009-03-16_132507


CSi dalam manualnya menyatakan bahwa distribusi beban tidaklah sederhana banyak faktor yang berpengaruh terutama balok penumpu, beberapa asumsi dipergunakan untuk penyederhanaan yang pada prinsipnya memperhitungkan total beban saja (see ETABS Manual’s).






Download Files Selanjutnya dapat dilihat/download disini (dokumen PDF)



[scribd id=20840018 key=key-1z97152uwcjql13z8nf4]

Selasa, 03 Maret 2009

OSS aplikasi FEM di Linux #2

tux_cae_fr

Sejak th 2000an beberapa institusi di france bergabung dalam pengembangan OpenSource Software (OSS) aplikasi FEM yang general purpose dan high end technology:

.
Salome program untuk modeling dan meshing serta penampilan hasil analisa (pre-post processor) menggunakan CAD kernel OpenCascade sama dengan yang digunakan software FE komersil Midas-IT. Manualnya Salome itu well documented, bahasanya english jadi ngga bikin keder pengguna yg non french.

.
Code_Aster sebagai solver engine yang mempunyai banyak kemampuan: karakteristik material,  element library yang banyak sekali ~400 ada model fiber element, kemampuan analisa nonlinear geometry, buckling, static,dynamic. Agak disayangkan dokumentasi asli menggunakan bahasa france, ada terjemahannya (html) namun belum sebagus aslinya (pdf) karena terlihat equation di html english nya berantakan. but i've no worry :) it never let me down.

.
Pengembangnya EDF's mendukung project pre-post processor FEM selain Salome, yaitu GMSH ... geemesh yehaa kemampuan meshing element plane dan solid serta penentuan besaran mesh yang akan diterapkan cukup mudah. File hasil meshing GMSH dapat digunakan langsung untuk di analisa, open with Salome. Bikin cling aja :) untuk saya yang sudah terebih dulu familiar pake dengan software meshing seperti GiD nya CIMNE dan GMSH nya prof Geuz&Jean. Jadi ngga mutlak kudu bisa GUI modeling+meshingnya build from scratch menggunakan Salome.

Distro Linux  yg sy gunakan ngga jadi pake dvd sya beli dulu CAELinux yang berbasis PCLinuxOS+KDE namun pake Ubuntu 8.1+GNOME  'coz sy pikir lebih ringan dan stabil kalo dipasang di netbuks mini sya yg proc.AMD dan RAM512mb LCD8". Software aplikasi saya instal manual, yang belum berhasil ccx sama OpenSEES, masih error aja saat nge-run"make" build from source.

gmsh_caelinux

GMSH - quadrangle mesh model plat baja berlubang dgn chamfer.

salome

Salome - meshing hasil GMSH yg di-import dan akan diterapkan Boundary Condition, Loading, element & material properties.

screenshot-4

Salome/Code_Aster - tampilan kontur deformasi dan vektor tegangan akibat diberikannya tekanan pada daerah chamfer.

1st impression pemodelan langsung GUI dgn Salome. Contoh model balok dengan element 3D solid. Dua Tumpuan dgn beban terpusat tengah bentang.

screenshot-2

Kontur defleksi dan plot mesh element solid pada deformed shape.

screenshot-3

Kontur tegangan penampang pada suatu potongan (Cut Plane)  interval panjang balok,  hasil analisa jadi readable dan jelas.

.

:)  dll, belum verified model saya cuman explore aja GUI capabilities nya.

*bahasa "france"  yang sering ditemui pada Code_Aster

glossaire_x.pdf

Rabu, 28 Januari 2009

Sambungan tidak kaku pada portal baja

Sambungan dalam struktur baja biasa dikategorikan sambungan penahan momen (moment resisting) atau fully rigid dan sambungan sendi (pinned) pada kenyataannya ini tidaklah mudah mengkategorikan dan mengimplementasikannya pada analisa struktur dan desain maupun dalam pelaksanaan.

frsf_joints


(Saouma, V.E., 2004)



Desain struktur baja dengan peninjauan kekakuan sambungan menjadikannya tidak dapat digunakannya nomogram panjang kolom efektif dan faktor tekuk, perlu meninjau nonlinearitas geometri dan material. Dalam penerapan kekakuan sambungan tersebut juga tidak mudah dikarenakan kekakuan tersebut merupakan hubungan momen dengan rotasi joint yang terjadi (Chen, 1997).

prtfix00

Ada beberapa penyederhanaan dalam pemodelan diantaranya adalah faktor kekangan (fixity factor) yg diajukan oleh Romstad, et al, 1970 dalam persamaan sederhana :

Sc = n/(1-n)*4EI/L

dimana n adalah faktor kekangan yang besar nilainya adalah 0(nul) untuk sambungan tipe sendi dan 1(satu) untuk  sambungan tipe jepit / nilai kekakuan tak terhingga.

prtfix011

Untuk tinjauan awal pengaruh kekakuan sambungan dapat ditinjau  kekakuan sambungan tersebut bernilai 20% (batasan pinned), 50%,75% atau 90%(batasan fixed) sebenarnya nilai ini tegantung juga jenis sambungan dan konfigurasi baut dan stiffener. Ditinjau porta 2D dgn data

bentang, L = 6.0m

Tinggi, H = 4.0m

Inersia Balok WF400, Ib = 22964 cm4
Mod. Elastisitas, Es = 2.0x10^6 kg/cm2

Besaran nilai kekakuan ujung sambungan Sc
near pinned
n=0.2
Sc = 76546666.67 kgf.cm/rad
near fixed
n=0.9
Sc = 2755680000.00 kgf.cm/rad

Beban merata pada balok, q = 1.5 Tonf/m

Beban lateral, Px = 0.5 Tonf



.

prtfix02.


prtfix03



Sedangkan jika ditinjau  kekakuan sebesar 30%, 50% dan 70% terhadap sambungan jepit.

prtfix04



.

Perbandingan beberapa nilai kekakuan ujung sambungan terhadap pengaruh momen tumpuan ditampilkan dalam grafik berikut.

prtfix00x

.

Kamis, 22 Januari 2009

Balok T, tinjauan beberapa pemodelan

Balok beton bertulang bentuk T atau L (Tee Beams) kenyataanya pasti dijumpai pada struktur portal beton bertulang. Pada tinjauan analisa struktur portal dapat ditinjau sebagai balok persegi biasa dengan arti diabaikan perilaku komposit balok dgn pelat/slab, namun ada beberapa keadaan khusus yaitu pada analisa struktur slab itu sendiri terutama two-ways slabs dengan balok sekunder atau ribbed slabs. Pemodelan yang paling mendekati eksak adalah dengan element frame untuk balok dan element shell untuk pelat slab, sedangkan untuk peyederhanaan digunakan balok persegi ekivalensi terhadap tinjauan lendutan.

Ditinjau balok T dengan:

Beton, f'c = 27.58 MPa

Ec = 24855.58 MPa

Lebar, Bflens = 150 cm

Tslab = 15 cm

Bweb = 40 cm

Hbeam = 60 cm

tbeams05

Inersia penampang, Ibeam = 0.0446 m^4

Kantilever bentang, Lspan = 4.00 m

Beban terpusat ujung, Pz = -100 kN.

Momen tumpuan yg terjadi, Mfix = -400 kN.m

Lendutan, Dz = ((100*4.0^3)/(3*24855.58*10^3*0.0125))*1000= -6.86 mm.

tbeams01

Perilaku komposit antara element frame dgn shell dilakukan dengan penempatan element rigid links (element penghubung dgn kekakuan tak terhingga) atau penerapan fungsi Constraints.

tbeams02

Lendutan yang terjadi pada kedua element tersebut bekerja bersama-sama.

tbeams03Bending moment, Mmaks = -146.03 kN.m (sebesar 36.05% Momen aktual)

tbeams04

Axial force, Fmax = -670.84 kN (tekan)

Momen total aktual yang terjadi, Mreal = -146.03+(-670.84*0.375) = -397.60 kN.m dengan arti selisih hanya 0.6% (match).

Walau hasil perhitungan momen terlihat sama atau selisih kecil sekali namun hasil analisa terhadap peninjauan defleksi yg terjadi cukup besar perbedaannya ??? defleksi maksimal yg terjadi pd model element shell adalah sebesar 5.01 mm.

Kelanjutannya pemodelan balok dengan ekivalensi dan pemodelan balok T dengan element shell tinjauan tegangan yg terjadi, berikut pandangan kelebihan dan kekurangan beberapa pemodelan tsb.

tbeams06

Tegangan yang terjadi

Tinjauan balok T, Teg = (400/0.0318)/1000 = 12.579 N/mm2
Tinjauan balok komposit, TegF = (670.84/(0.4*0.6))/1000 = 2.795 N/mm2

TegM = (146.03/(1/6*0.4*0.6^2))/1000  = 6.084 N/mm2

TegTot = 2.795+6.084 = 8.879 N/mm2

Tinjauan Element Shell, Teg =30.341 N/mm2 @ support

Teg = 13.887 N/mm2 @ 18.52 mm from support.

Pemodelan dgn element eqivalensi tinggi balok ??? dokumen blum ktmu :) ntar lagi... sekilas terlihat paling efektif.

Dari berbagai pemodelan diatas  yg paling mudah adalah dgn element frame 1D  dikarenakan jika menggunakan element shell akan kurang akurat hasilnya terutama akibat konsentrasi tegangan dan juga pada keadaan penampang yang menerima torsi.

... to be continue