Jumat, 10 Mei 2024

tahap upgrade versi Python pada module glassBox

pada tahun terdahulu sya banyak membuat module desain struktural yg dinamakan glassBox, karena Python yg digunakan versi lama maka diperlukan upgrades untuk peningkatan performances dan sya perhatikan sekilas sudah lebih cepat dibanding sebelumnya. Selain terhadap versi bahasa pemrograman yg digunakan maka perlu juga untuk peraturan perencanaan terbaru, karena selama ini bermigrasi kepada math paper based yaitu SMath Studio.

.


.


.

sya terapkan pada salah satu modul perencanaan balok pesegi beton bertulang ternyata cukup cepat migrasi dari Python versi 2.x menjadi versi 3.x, tidak banyak berubah hanya pada tambahan tanda kurung menampilkan hasil dilayar saja seeprti yg sudah sya posting sebelumnya.

.


;

pada module program diagram interaksi kolom beton bertulang dua, tiga, empat dan lima lapis,

.

.

.


.

.

.


.
pada module program pelat beton bertulang
.

.

.

.
cara sya menampilkan hasil atau style format diatas lebih mirip bahasa  C/C++ atau Fortran, sedangkan jika ingin seperti C# atau Calcpad juga dapat disesuaikan seperti berikut. Tampilan subtitusi variabel terhadap persamaan dapat diberikan opsi pilihan tampil atau tidak untuk mempersingkat, style yg terakhir kelihatannya lebih baik karena rumus dan hasil dibuat terpisah sehingga cukup jelas namun tetap ringkas.
.

.
diatas sya menggunakan Python IDE yaitu Thonny yg hanya cocok untuk pemula, untuk yg lebih advanced ada Wing IDE 101/Personal atau Visual Studio Code namun sya coba agak sulit untuk dukungan IronPython. Sebagai pilihan ada Geany yg pernah dibahas sebelumnya dan dapat dilakukan costumized untuk tujuan tersebut seperti berikut bekerja dengan interpreter yaitu IronPython versi 3.4, sehingga penggunaan bahasa dan library dotNet juga dapat langsung digunakan.
.

.


.
kelihatannya format keluaran dengan fungsi round pada IronPython 3.4 masih terdapat bugs tampilannya tidak sesuai, hal ini tidak terjadi pada Python 3.11 sehingga baiknya menggunakan format tampilan gaya lama klasik. Migrasi script menjadi code bahasa Ansi C/C++ atau Fortran juga akan lebih mudah adaptasinya. 
.

.

.


.

0 komentar:

Posting Komentar