Selasa, 07 November 2023

kelihatannya perlu upgrade ke 3

 .


.

sudah agak lama Python yg sya gunakan adalah versi 2.x belum dilakukan upgrade karena memang sya pengguna lama program script tersebut, migrasi ke program C/C++ membuat kondisi hiatus. Belum lagi di kemudian waktu Python yg sya gunakan adalah bukan standard melainkan IronPython, terakhir versi stabil memang 2.x walau tahun belakangan development kembali aktif. Dari beberapa versi terbaru 3.x yg hanya level alpha dan beta selama beberapa tahun, kemudian release versi stable keluar.

.


.

selain untuk digunakan keperluan sendiri secara internal, sya juga terpikir untu dibagikan dalam proyek kecil open-source. Keadaan tersebut mendorong untuk dilakukan upgrade agar nantinya kemungkinan adanya kontributor lain lebih mudah karena sudah up-to-date. Kelihatannya untuk IronPython pada penggunaan library .NET tidak akan berbeda, namun bahasa dasar Python akan sedikit berbeda antara versi 2.x dengan versi 3.x, pada banyak keadaan lain disebutkan versi terakhir lebih mudah dan elegan.

Banyak program jadi sebelumnya yg sudah terlanjur dibuat dalam versi 2.x, untuk keperluan transisi dapat menggunakan Python edisi portable (tanpa instalasi) yg cukup didapat dengan mudah diantaranya dari Southsoftware. Ukuran file executable tersebut juga cukup kecil yaitu hanya sekitar ~6.5Mb, sya juga sejak awal selalu menghindari library pihak ketiga dalam pembuatan script program karena terkait masalah ketergantungan (dependenciy) dan juga kompatibilitas hubungannya dengan ketertarikan sya pada IronPython saat itu.

.


.

belakangan ini sya mencoba menggunakan banyak library .Net dengan IronPython, terlihat menarik bagi sya saat mengintregasikannya. Banyak potensi atau peluang menangani masalah dengan dukungan jenis library tersebut, belum lagi kelebihan pada stabilitas dan kecepatan. Beberapa hal tersebut juga yg ikut mendorong sya untuk melanjutkan proyek kecil yg tertinggal dan dunia open-source.

.


.


.


.

.

.

ada rujukan singkat dan lengkap yg bagus mengenai transisi versi Python beserta kompatibilitasnya, dibuat oleh Python Charmers Pty Ltd, Australia (2019) disedikan juga versi cetak dan video tutorialnya.

stnndard Python dapat menggunakan Thonny sebagai teks editor atau IDE, cukup sederhana dan lengkap. Variable data masukan dan keluaran ditampilkan khusus, serta feature Assistant sebagai pemandu untuk merujuk pada suatuu kesalahan semisal syntax. PIP juga sudah didukung dan dapat digunakan untuk instalasi pustaka tambahan khusus yg cukup banyak jenis dan kegunaanya.

.

.

.

.

.

sebenarnya instalasi program sudah termasuk Python didalamnya, bawaan default adalah versi 3.8 (32bit) untuk Windows 7, versi Windows 10 dan terbaru juga masih 3.10 (64bit). Default versi Python dapat dirubah misal sya menggunakan versi portable terbaru (64bit) agar kinerja RAM dapat optimal sehingga kekurangan Python yg lambat dapat diminimalisir.

.


.

.

namun agak disayangkan dukungan untuk IronPython tidak memenuhi, dikarenakan versi minimum yg dibutuhkan adalah versi 3.8 keatas sedangkan IronPython masih versi 3.4, perlu sedikit bersabar menunggu untuk itu.

0 komentar:

Posting Komentar