Senin, 06 Mei 2024

pencabangan dan iterasi pada Calcpad

.

.

dalam perhitungan perencanaan desain struktural pastinya banyak didapati pencabangan dari suatu kondisi cara analitis, sedangkan iterasi biasanya adalah untuk metode numerik mencari pemenuhan suatu kondisi. Kedua fungsi tersebut sudah tersedia dalam banyak bahasa pemrograma seperti Python, C/C++ atau C#. Program bantu perhitungan berjenis scripting seperti Calcpad juga menyediakan, tampilannya dapat disembunyikan jika terlihat panjang dan membuat tidak fokus.

.

.


.

dibawah adalah contoh penggunaan iterasi atau looping, namun belum berhasil dan ini mungkin akibat hierarki urutan padahal kelihatannya sudah sesuai dengan Python dulu yg pernah sya buat. 

.


.


.
setelah ditelusuri ulang tenyata hal tersebut akibat penentuan default sudut pada Calpad yaitu dalam degrees (D) bukan radians(R) setelah opsi tersebut disesuaikan maka akan berhasil dengan cukup cepat walau masih versi lama yaitu 5.8.9 berjalan pada MS Windows 7 karena ketergantungan NetFramework versi tertinggi yg didukung. Pastinya updates untuk Calcpad versi terbaru akan berjalan jauh lebih cepat untuk proses iterasi, dapat berguna misal untuk metode numerik kolom biaksial beton bertulang bentuk sederhana seperti pesegi dengan prinsip kesetimbangan gaya tekan beton dengan gaya tarik tulangan. Kelihatannya akan cukup menarik karena walaupun cara numerik namun langkah perhitungan lain tetap dapat ditampilkan sehingga terlihat seperti analitis. 
.

.
fungsi iterasi juga dapat digunakan untuk generate tabel seperti contoh berikut,
.

.


.
sebagai catatan tambahan dibawah adalah tahapan sya mengkonversi dari lembar kerja SMath Studio menjadikan lembar kerja perhitungan Calcpad dalam hal ini sya menggunakan transisi format LaTeX.
.

.

.
untuk dapat lebih cepat dalam editing maka perlu sedikit familiar dengan bahasa tersebut, sehingga memudahkan dalam penggunaan find and replace pada text editor seperti SciTE.
.


.

.
dokumen LaTeX hasil konversi dari SMath Studio secara default sudah menampilkan hasil angka perhitungan maka perlu dihapus sedangkan satuan hasil tetap digunakan. 
.

.
berikut hasilnya setelah dilakukan sedikit editing dalam tahap akhir, jauh lebih baik dan cepat dibandingkan mengetik atau membuat ulang serta menjaga konsitensi rumus menghindari kesalahan ketik. 
.

.
Kelihatannya juga konversi lain dari bahasa scripting seperti Python masih terjangkau dan cukup mudah untuk dilakukan konversi.  Perbedaan pada satuan atau units yg mana script yg sebelumnya sya buat tidak menggunakan library khusus sehingga untuk kemudahan tahap awal pada Calcpad adalah disamakan .
.

.

.

.
bahasa script pada Calcpad juga cukup sederhana karena berbasis plain text kecuali pada Greek symbol, dapat digunakan sebagai mock up untuk konversi lanjut program dengan performance kecepatan tinggi seperti C++,Fortran atau C# dengan perubahan adaptasi yg tidak terlalu banyak. Kelebihannya adalah rumus yg dijaga konsitensinya serta pengecekan ulang yg mudah. 

0 komentar:

Posting Komentar